Uraikan bagaimana perbedaan bauran pemasaran sebuah perusahaan fashion yang menyasar masyarakat di Indonesia dan di USA dari sudut pandang budaya!

Indonesia adalah negara yang berkeTuhanan dan berkebudayaan, sehingga sangat menjaga nilai-nilai Agama, moral dan budaya. Sementara di USA, merupakan negara liberal yang bebas. Bauran pemasaran sebuah perusahaan fashion yang menyasar masyarakat di Indonesia dengan USA tentu saja berbeda.

a. Produk
Karena mayoritas muslim, umumnya fashion di Indonesia banyak yang diperuntukkan untuk muslim seperti jilbab, rok, lengan panjang dll. Walaupun pakaian gaya USA juga ada di Indonesia. Gaya pakaian di USA lebih terbuka dan bebas.

b. Price
Untuk harga, fashion di Indonesia cenderung beragam dari yang murah sampai yang mahal. Hal ini juga karena masyarakat di Indonesia sangat heterogen. Di Amerika karena memang sudah negara maju, harga barangnya mungkin tidak sevariatif di Indonesia.

c. Place
Memasarkan produk fashion di Indonesia juga beragam, melalui online, toko, butik sampai pasar tradisional juga ada yang menjual pakaian. Di Amerika, mungkin lebih banyak masyarakatnya membeli secara online dan datang ke toko.

d. Promotion
Dari sisi promosi, di Indonesia tidak sebebas di USA. Di USA mungkin boleh menampilkan iklan bikini di Televisi, tetapi di Indonesia tidak bisa.