Berikan contoh pengaruh budaya terhadap keputusan konsumen (buatlah perbandingan konsumen dari 2 negara yang memiliki kebudayaan berbeda)!

Budaya atau culture merupakan salah satu faktor lingkungan konsumen. Budaya adalah segala nilai,
pemikiran, dan simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan,
dan kebiasaan seseorang dan masyarakat.

Budaya dapat mempengaruhi perilaku konsumen, salah satu contohnya adalah perihal makanan pokok antara Indonesia dengan Amerika. Di Indonesia makanan pokok sehari-hari adalah nasi, sementara di Amerika makanan pokoknya adalah gandum / roti atau kentang.

Hal tersebut sangat mempengaruhi dari makanan-makanan yang dijual, sebut saja restoran KFC. Di Indonesia menu yang paling laris mungkin adalah nasi dengan ayam, tapi di Amerika lebih banyak yang menyukai burgernya. Begitu juga terkait rasa, konon ayam di Indonesia lebih asin dan di Amerika lebih hambar.

Contoh lain misalnya, Amerika Serikat merupakan negara liberal dan mengedepankan kebebasan. Di Indonesia yang mayoritasnya umat beragama sangat menjaga nilai-nilai moral dan budaya. Di Amerika dalam dunia film apabila ada adegan yang vulgar mungkin sah-sah saja, jika itu dipertontonkan di Televisi Indonesia tentu akan membuat kontroversi.