Apa itu Meta Tags? Dan Bagaimana Menggunakannya di Blogger? – Salah satu fitur yang terdapat di blogger.com adalah meta tags. Ada juga yang menyebutnya dengan meta description. Dalam SEO meta tags ini merupakan faktor penting, karena dapat mempengaruhi CTR atau rasio antara tayangan dan klik di search engine google.  

Kalau kita search di google dengan keyword tertentu maka akan menghasilkan hasil penelusuran, dari nomor 1 hinggal 10 untuk halaman 1. Dalam hasil penelurusan tersebut terdapat beberapa bagian yang paling umum, dan pasti ada di setiap website. Yaitu title tag dan meta tags. Lihat gambar dibawah ini : 

bagian penelusuran

Meta tags adalah bagian yang dikotakin berikut ini, tidak termasuk tanggalnya ya : 

meta tags blogger

Jadi, apa itu meta tags?

Meta tags atau meta deskripsi adalah merupakan ringkasan atau deskripsi pendek tentang sebuah laman, ringkasan ini sangat berguna bagi google dan mesin telusur. Karena mereka mungkin akan menampilkannya pada hasil penelurusan seperti contoh di atas.   Disebut mungkin karena tidak selalu google menampilkan meta tags ini, tergantung keyword yang diketikkan pengguna di google penelusuran. Jika relevan, meta tag akan dimunculkan. Tapi jika tidak, google akan menampilkan cuplikan lain yang lebih relevan.  

Lalu apa manfaatnya?  

Meta tag sangat bermanfaat karena mungkin google akan menampilkannya di google penelusuran. Sekarang coba tanya sendiri-sendiri “Selain judul, hal apakah yang mempengaruhi orang mengeklik sebuah website di hasil penelusuran?” Ya, pasti menjawab deskripsi nya.

Deskripsi yang informatif, membuat penasaran dan kelihatan menarik akan memiliki peluang lebih besar untuk diklik pengguna. Itu artinya akan semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda.   Ingat !   Goals SEO tidak hanya ada di peringkat 1 atau halaman 1.

Tapi juga seberapa banyak orang mengklik website kita di penelusuran. Ahmaddzaki.id Berikut ini adalah beberapa manfaat meta tag deskripsi : 

1. Memberikan informasi kepada pengguna tentang isi halaman. 
2. Meningkatkan rasio klik dan tayangan di penelusuran.
3. Dapat memaksimalkan dengan menambah deskripsi yang menarik perhatian seperti : “Promo hanya hari ini, info lengkap hanya disini, dll”.  

Bagaimana menggunakannya untuk SEO?

1. Cara Mengaktifkan Meta tag di Blogger  

Untuk kaum blogger, Anda bisa mengaktifkannya dengan pergi ke halaman SETTING / PENGATURAN. Kemudian scroll hingga ketemu META TAGS dan tinggal aktifkan kemudian isi deskripsi tentang situs Anda.

mengaktifkan meta tag

  Eitss.. belum selesai. Ketika Anda membuat post atau artikel baru, isi di bagian search description dengan ringkasan singkat. Jumlah huruf yang diperbolehkan adalah 150 karakter/huruf termasuk spasi.

 Lanjutkan membaca.. di bagian akhir akan saya beri tips tentang membuat meta tags yang baik.   2. Cara menggunakan meta tags di WordPress Jika Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menginstal plugin YOAST SEO. Dengan plugin itu Anda bisa dengan mudah memasukkan meta tag deskripsi bahkan mengatur title tagnya.     

Baca juga : Tips dan Trik Membuat Judul Tulisan Menarik sampai Viral

Tips Membuat Meta Tag Deskripsi Yang Baik

1. Harus ada Keyword

Rules pertama dalam membuat meta tag adalah masukkan keyword di dalamnya. Jika Anda perhatikan dalam hasil penelusuran ada beberapa kata yang di cetak tebal, itu adalah kata kunci yang pengguna gunakan untuk mencari sesuatu.   Keyword atau kata kunci merupakan beberapa kata yang dipakai pengguna untuk mencari sesuatu di google. Semakin banyak yang menggunakan kata tersebut untuk mencari sesuatu di google, maka semakin populer dan jika Anda bisa menempati di posisi pertama tentu pengunjung website Anda akan semakin banyak.  

2. Padat dan Jelas

Gunakan meta tag yang to the point, padat dan jelas. Hindari penggunaan kata yang tidak memiliki arti / sia-sia. Jangan juga terlalu singkat, setidaknya meta deskripsi adalah 130 karakter – 150 karakter. Semakin mendekati 150 karakter semakin bagus. Jika lebih? Tentu tidak bagus, karena akan terpotong dengan sendirinya di penulusan nanti.  

3. Sisipkan Call to Action

Jika Anda berjualan sebuah produk, mungkin Anda perlu menambah call to action atau sebuah pemicu untuk orang mau bertinda. Berikut beberapa contohnya : 

  • Klaim sekarang promo ini.
  • Dapatkan informasi eklusif ini.
  • Klaim promo sebelum berakhir.
  • Beli sekarang sebelum kehabisan.
  • Lihat tutorialnya sekarang.

4. Bisa Gunakan Pertanyaan

Jika Anda bingung mau mengisi apa meta deskripsinya, Anda bisa memanfaatkan pertanyaan. Sebagai contoh meta tags untuk halaman ini : Apakah Anda tahu apa itu meta tags? Ketahui penjelasan lengkapnya disini termasuk manfaat dan cara menggunakannya untuk SEO di google penelusuran.

5. Sisipkan Fitur dan Harga

Bisa juga Anda menyisipkan fitur dan harga yang sekiranya itu bisa menarik pengguna untuk masuk dan membaca website Anda.  

6. Beri tahu mengapa harus membaca tulisan Anda.

Anda juga bisa memasukkan kalimat yang berisi mengapa orang harus baca artikel Anda. Sebagai contoh : 

Keyword : cara menggunakan meta tag untuk SEO

Meta tag : Ketahui sekarang tentang cara menggunakan meta tag untuk SEO terbaru agar Anda dapat memaksimalkan performa website Anda di google.  

Mari berdiskusi bersama ahmaddzaki.id – Tips trik anti licik. (Rahmad).