Manajemen

Bauran Pemasaran 4P (Produk, Price, Place, Promotion)

Bauran Pemasaran – Jika Anda ingin memulai bisnis tertentu, pastinya Anda harus memahami manajemen pemasaran. Dalam bisnis, manajemen pemasaran berguna agar produk yang dihasilkan dapat ditawarkan serta dijual kepada konsumen. Pada ulasan ini akan dibahas mengenai manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran merupakan rangkaian dari proses perencanaan, analisis, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pemasaran. Adanya bidang manajemen ini bertujuan agar mampu mencapai target dalam perusahaan secara efisien dan efektif.

Bidang manajemen ini juga dapat didefinisikan sebagai alat perencanaan, analisis, pelaksanaan, dan pengawasan proses dalam kegiatan berbisnis. Perancangan manajemen bidang pemasaran dilakukan untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan aktivitas jual beli yang menguntungkan.

Keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan dimanfaatkan sebagai alternatif dalam menggapai tujuan. Pelaku pada manajemen pemasaran ialah seorang manajer pemasaran. Manajer tersebut harus memahami struktur pembiayaan, sumber daya, sumber keuntungan, dan kompetensi.

Seorang manajer pemasaran juga harus mempelajari tingkat integrasi, riwayat respon perkembangan perusahaan, dan berbagai faktor lain yang berhubungan dengan kompetitor. 

Adapun aspek-aspek yang terdapat dalam pemasaran, seperti promosi, periklanan, penjualan, distribusi, pelayanan konsumen, dan public relation.

Bauran Pemasaran 4P

Secara umum, produk yang akan dipasarkan mengkolaborasikan 4p yang dikenal sebagai bauran pemasaran yaitu :

1. Produk (Product)

Produk adalah item yang dihasilkan oleh produsen dan ditawarkan kepada calon pembeli atau konsumen.

2. Harga (Price)

Harga adalah nilai yang ditentukan oleh produsen untuk produk yang berhasil diciptakan.

3. Tempat (Place)

Tempat yang dimaksud dalam dunia pemasaran adalah di mana proses distribusi atau penjualan suatu produk kepada konsumen.

4. Promosi (Promotion)

Promosi merupakan aktivitas berupa interaksi atau komunikasi yang dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi mengenai suatu produk. Informasi yang ditawarkan biasanya berisi manfaat produk, karakteristik produk, serta layanannya kepada calon pembeli.

Seseorang yang bekerja di bidang pemasaran pada suatu perusahaan harus mampu memperoleh perhatian dari masyarakat melalui iklan. Pada umumnya, ditujukkan pada masyarakat tententu dan kadang melibatkan peran selebriti.

Selain itu, promosi dapat dilakukan dengan menggunakan slogan, desain pada kemasan yang unik, dan eksposur media. Tujuan utama dari bidang pemasaran adalah untuk mengoptimalkan keuntungan dengan menciptakan strategi pemasaran.

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Apa itu Resume? Struktur, Pentingnya

Apa Itu Resume? Salah satu komponen kunci dalam proses melamar pekerjaan adalah resume. Resume adalah…

7 bulan ago

Apa  Peran Akuntansi Keuangan dalam Bisnis?

 Peran Akuntansi Keuangan dalam Bisnis - Akuntansi keuangan adalah proses pencatatan, pengukuran, dan pelaporan informasi…

8 bulan ago

Cara Menjadi Relationship Officer

Relationship officer adalah salah satu posisi yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di bidang keuangan, seperti…

8 bulan ago

Berapa Biaya Admin Top Up DANA di Konter?

Saat ini, banyak orang telah memanfaatkan layanan finance digital, seperti DANA, untuk menjalankan berbagai transaksi…

8 bulan ago

Harga Memperbaiki Tombol Volume Hp Oppo

Halo, selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang harga memperbaiki tombol…

8 bulan ago

Arti Kata Ceunah yang Lagi Popular

Pendahuluan Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi tempat di mana bahasa…

9 bulan ago