Tugas dan Tanggung Jawab Admin Purchasing

  1. Membuat data entry (laporan keluar-masuk barang).
  2. Membuat laporan pembelian dan pengeluaran barang (inventory, material,dll.).
  3. Membuat form-form yang dapat mempermudah dan menggambarkantentang kondisi barang dan inventaris perusahaan.
  4. Membuat database sta dan supplier.
  5. Melakukan pendataan terhadap supplier dari segi harga, kesiapan danketepatan pengiriman serta kualitas barang yang mereka tawarkan sebagaidata untuk menyeleksi supplier.
  6. Menyiapkan pembayaran melalui kas kecil lainnya dan pendataanpengeluaran tersebut.
  7. Merekap data entry berdasarkan kriteria dan departemen masing-masing.
  8. Melakukan inventory pada setiap barang, terutama yang menjadi inventarisperusahaan.
  9. Melakukan arsip data dengan rutin dan tertata rapi.
  10. Melakukan pengelolaan pengadaan barang melalui perencanaan secarasistematis dan terkontrol (!”).
  11. Melakukan pemilihan atau seleksi rekanan pengadaan barang dan jasa sesuaidengan kriteria perusahaan.
  12. Bekerjasama dengan departemen terkait untuk memastikan kelancaranoperasional perusahaan.
  13. Memastikan kesediaan barang dan material setiap harinya melaluimekanisme audit atau control stock, dll.
  14. Mengirimkan laporan ke manajer operasional.
  15. Meminta persetujuan manajer terlebih dahulu sebelum membuat,mendistribusikan dan mensosialisasikan form dan peraturan yang dibuat kemasing-masing departemen.
  16. Menerima dan menseleksi setiap barang yang disorder sesuai denganstandart yang berlaku.
  17. Menerima dan mereview surat pernyataan barang dari seluruh bagian baikyang harian maupun yang bulanan.
  18. Melakukan pemeriksaan terhadap ketepatan dengan anggaran dana ataukebutuhan.
  19. Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam permasalahan adminitrasi