Tiga Tipe Interaksi antara Penyedia Jasa dan Konsumen
1. Konsumen Mendatangi Penyedia Jasa
Pada tipe ini lokasi sangat penting, karena konsumen memerlukan kemudahan akses dan melihat lokasi Penentuan lokasi optimum mencakup menyeleksi tempat basis konsumen potensial dan lokasi pesaing Jika orientasi pada pertumbuhan, maka penentuan lebih satu lokasi diperlukan
Contoh : bioskop, rumah sakit, lembaga pendidikan
2. Penyedia Jasa yang Mendatangi Konsumen
Pada tipe ini (jasa harus disediakan di lokasi konsumen) lokasi menjadi kurang penting.
Contoh : cleaning service, pembasmian hama, usaha reparasi Lift.
Penyedia jasa leluasa ke tempat konsumen (penjemputan dan pengantaran), shg dapat menghindari biaya lokasi (jalan besar atau lokasistrategis) yang mahal
Contoh : laundry,servis mobil/TV di rumah, salon
3. Transaksi antara Penyedia Jasa dan Konsumen dalam Jarak Jauh
Pada tipe ini lokasi tidak relevan
Contoh : mesin ATM (kepanjangan perusahaan)
Jika komunikasi elektronik tersedia, lokasi pemasok juga tidak masalah
Contoh; listrik, teleponservis mobil/TV di rumah, penataan