Berikan contoh penggunaan karakteristik situasi konsumen dalam strategi pemasaran (pilih satu dari 5 karakteristik situasi konsumen)!

Mowen dan Minor (1998) mengemukakan bahwa situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Terdapat 5 karakteristik situasi konsumen yaitu lingkungan fisik, lingkungan sosial, waktu, tujuan dan suasana hati.

Penerapan situasi konsumen salah satunya adalah lingkungan fisik. Lingkungan fisik adalah arana fisik yang menggambarkan situasi konsumen yang meliputi: lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca, dan objek fisik lainnya yang ada di sekeliling konsumen.

Salah satu penerapan lingkungan fisik dalam strategi pemasaran adalah pada kafe-kafe atau coffe shop, saat ini banyak coffe shop yang menggunakan tema-tema fun dan instagramable. Kafe memiliki dekorasi yang unik dan kekinian, lighting juga diatur sedemikian rupa agar semakin indah, belum lagi banyak aksesoris (objek fisik) yang membuat banyak orang ingin selfie dan mengunggahnya ke media sosial.