Berikan contoh komunikasi pemasaran yang menggunakan daya tarik peran keluarga!

Keluarga memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan. Ketika ingin membeli sesuatu keputusan akan membeli apa bisa ada di tangan istri, suami atau atas dasar keputusan mereka berdua. Jika seorang anak, maka keputusan biasanya akan didasarkan pada kedua orang tua. Misalkan saja, sejak awal orang tua sudah membeli indomie, maka dikemudian hari sang anak akan membeli indomie karena orang tuanya sering membeli itu.

Contoh komunikasi pemasaran yang menggunakan daya tarik peran keluarga seperti pada produk-produk yang hits saat lebaran seperti sirup marjan, abc, kong huan, roma kelapa dan masih banyak lagi. Iklan-iklan produk lebaran biasanya menampilkan satu keluarga utuh yang memberi pesan pentingnya kebersamaan (kehangatan) bersama keluarga dengan produk terkait. Selain itu, kebanyakan konsep iklannya juga ada seorang anak yang memberikan hadiah lebaran kepada orang tua / nenek di kampung halaman, itu berarti ingin menonjolkan tali kasih antara seorang anak dengan ibu/nenek melalui perantara produk terkait.

  1. Seandainya Anda adalah pengusaha restoran, buatlah analisis strategi pemasaran jika Anda ingin menarik konsumen berdasar siklus hidup keluarga!

Definisi siklus hidup keluarga adalaha tahap-tahap yang dijalani oleh sebuah keluarga dengan semakin meningkatnya usia anggota keluarga. Siklus
hidup keluarga adalah sebagai berikut:
a. Masa lajang (bujangan)
b. Menikah
c. Memiliki anak
d. Membesarkan anak
e. Anak-anak keluar dari rumah (pindah)
f. Orangtua sendiri tanpa anak
g. Pasangan tua

Sebagai pengusaha restoran kita perlu tahu siapa target pasar yang dipilih, apabila didasarkan pada siklus hidup keluarga maka ada beberapa strategi yang bisa kita terapkan.

  • Restoran Kekinian: Target Bujangan – Menikah Belum Punya Anak

Misalkan apabila kita mentarget orang yang ada di masa lajang, umumnya usianya adalah dibawah 35 tahun. Maka konsep restoran yang dibuat adalah restoran kekinian untuk anak muda. Restoran untuk anak muda biasanya memiliki dekorasi unik, instagramable, ada musik dengan menu makanan kekinian dan harga terjangkau. Restoran ini juga cocok bagi orang yang baru menikah namun belum memiliki anak.

  • Restoran Keluarga: Target Menikah Memiliki Anak sampai Pasangan Tua
    Apabila mentarget orang yang sudah menikah dan memiliki anak mungkin bisa membuat restoran yang lebih family friendly. Seperti ada taman bermain untuk anak kecil agar si anak dapat bermain dan menghilangkan kebosanan. Restoran tipe ini juga cocok untuk pasangan tua (kakek/nenek), karena biasanya si anak akan mengajak orangtuanya juga untuk makan di restoran keluarga.
  1. Berikan contoh bagaimana kelompok acuan mempengaruhi keputusan konsumen!
    Kelompok acuan adalah kumpulan dari dua atau lebih orang-orang yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama. Kelompok acuan ini akan mempengaruhi proses pembelian dalam dua hal, yaitu mempengaruhi
    pembelian yang dibuat oleh konsumen dan antar anggotakelompok itu sendiri seringkali membuat keputusan bersama-sama sebagai sebuah kelompok.

Sebagai contoh ada seseorang yang bergabung dalam komunitas pecinta alam, ketika ada banyak anggota kelompok yang melakukan pembelian produk A, itu akan diikuti oleh anggota kelompok yang lain.

Contoh lain misalkan ada sebuah komunitas yang secara bersama-sama sepakat untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk.

  1. Berikan contoh penggunaan kelompok acuan sebagai dasar formulasi strategi pemasaran!
    Salah satu penggunaan kelompok acuan sebagai dasar formulasi strategi pemasaran adalah menggunakan orang yang paling berpengaruh di dalam kelompok tersebut sebagai alat marketing. Misalkan saja dalam kampus, ada sebuah produk yang kemudian memilih 1 atau 2 orang sebagai brand ambasador di kampus tersebut, sehingga dapat mempengaruhi mahasiswa yang lain.

Jika dalam ibu-ibu arisan misalnya, produsen dapat bekerja sama dengan ibu RT atau ibu yang dianggap paling berpengaruh terhadap yang lain.

Contoh lain, menggunakan selebriti sebagai brand ambasador. Sehingga para fansnya akan lebih mudah menerima sebuah produk.