Sebutkan 9 komponen yang mutlak ada dalam sebuah misi apabila misi tersebut hendak menjadi misi yang efektif!

Komponen yang mutlak ada di dalam sebuah misi apabila misi tersebut hendak menjadi misi yang efektif!

  1. Produk: Spesifikasi kebutuhan konsumen yang hendak dipuaskan oleh perusahaan yang dalam bentuk riilnya berupa barang dan atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
    Maksud dari komponen pertama ini adalah bahwa misi perusahaan harus berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen melalui produk yang dihasilkan.
    Contoh : Menyediakan infrastruktur dan layanan kelas dunia untuk mendukung perkembangan ekonomi Indonesia melalui konektivitas antar daerah maupun negara (Misi PT Angkasa Pura II)
  2. Segmen Pasar: Spesifikasi segmen pasar yang dituju sebagai kelompok sasaran dan wilayah pemasaran yang hendak dijangkau;
    Komponen kedua adalah segmen pasar, perusahaan harus merumuskan misi yang sesuai dengan segmen pasar yang dipilih.
    Contoh: “Membantu kaum akademisi dalam proses implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Pengadaan, Penerbitan, dan Percetakan.” (Misi Penerbit Deepublish)
  3. Teknologi: Spesifikasi teknologi dan fungsi manajerial yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang telah dipilih.
    Contoh: Memberikan pengalaman perjalanan yang terpercaya, konsisten, dan menyenangkan kepada seluruh pelanggan dengan teknologi modern (Misi PT Angkasa Pura II)
  4. Komitmen untuk bertahan hidup, pertumbuhan dan laba;
    Komponen ketiga yang harus ada di dalam misi adalah komitmen untuk bertahan hidup, tumbuh dan mendapatkan laba.
  5. Perumusan falsafah perusahaan
    Contoh: Melalui misi dan komitmen ganda untuk kemajuan bisnis dan sosial, Danone memiliki tujuan membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup yang sehat, bumi yang sehat dan ekosistem yang sehat.
  6. Konsep kejati-dirian,
    Contoh: Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan.
  7. Citra perusahaan yang diinginkan.
    Komponen yang ke-empat, misi yang efektif adalah misi yang mengandung citra yang diinginkan. Seperti misi PT Aggkasa Pura II berikut: Menjadi BUMN pilihan dan memaksimalkan potensi dari setiap karyawan perusahaan
  8. Komitmen terhadap karyawan, dan
    Contoh: Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
  9. Tanggung jawab sosial terhadap masyarakat
    Contoh: Menjunjung tinggi tanggung jawab sosial perusahaan (Misi PT Angkasa Pura II)