konsep pemasaran

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep Manajemen Pemasaran РPemasaran merupakan istilah yang sangat familiar dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis perlu memahami konsep pemasaran dengan benar dan tepat. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda berjalan lancar dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. 

Pengertian Konsep Pemasaran

Pemasaran atau marketing merupakan sebuah kebutuhan bagi pelaku bisnis atau perusahaan yang kaitannya dengan aktivitas penjualan. Beberapa orang masih menganggap jika pemasaran sama seperti penjualan. 

Namun, konsep pemasaran berbeda dengan istilah penjualan. Pemasaran tidak hanya terfokus pada penjualan yang menghasilkan keuntungan, tetapi juga meliputi cara dan strategi ampuh dalam menarik minat konsumen. 

Konsep pemasaran juga diartikan sebagai rangkaian aktivitas yang bertujuan untuk memasarkan produk dari sebuah perusahaan melalui berbagai strategi. Rangkaian aktivitas ini dilakukan supaya produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dimanfaatkan dengan baik.

Maka, konsep dari kegiatan ini tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan saja, tetapi memberikan produk barang dan jasa terbaik demi kepuasan konsumen. 

Tujuan Pemasaran

Tujuan umum dari pemasaran adalah dapat memahami kebutuhan sekaligus keinginan konsumen terhadap sebuah produk barang dan jasa. Pemasaran yang dilakukan perusahaan bisa dikatakan berhasil jika produk laku terjual tanpa harus pengadaan promosi setiap hari. 

Contoh Konsep Pemasaran

Pemasaran suatu produk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kecanggihan teknologi yang ada saat ini bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang dimiliki. Beberapa contoh konsep pemasaran terkini yang bisa digunakan adalah:

1. Pemasaran Produk melalui Media Sosial

Terdapat berbagai macam media sosial yang saat ini digandrungi para milenial. Kondisi ini bisa menjadi kesempatan emas Anda dalam melakukan pemasaran produk agar cepat terjual dan disukai oleh konsumen. 

Beberapa media sosial yang bisa Anda pilih seperti Facebook, Instagram hingga TikTok. Dalam media sosial tersebut juga sudah dibekali dengan fitur akun bisnis, sehingga akan memudahkan Anda dalam mengiklankan produk (bisa posting gratis maupun berbayar).

2. Pemasaran Produk melalui Influencer

Di setiap media sosial yang saat ini berkembang, muncullah beberapa orang yang menjadi idola dan bisa dikategorikan sebagai influencer. Para influencer ini biasanya membuka jasa endorse untuk promosi produk. 

Anda bisa memakai strategi ini untuk mengenal produk jualan kepada konsumen dengan cara memakai jasa influencer ini. Ada estimasi biaya yang harus dikeluarkan mulai dari puluhan ribu saja hingga jutaan rupiah.

Baca juga : Bauran Pemasaran 4P (Produk, Price, Place, Promotion)

3. Pemasaran Produk melalui Affiliate Marketing

Para e-commerce yang sedang booming di kalangan masyarakat Indonesia biasanya menyediakan kerjasama afiliasi dengan upah yang cukup lumayan. Jika Anda menjalankan bisnis dan ingin memasaknya, Anda bisa membuka afiliasi pemasaran.

Strategi ini bisa dikatakan cukup sukses dan berpengaruh karena jangkauan kerjasamanya melalui internet. Sehingga, jika ada produk yang dipasarkan, maka banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang melihatnya. 

4. Pemasaran Produk melalui Akun YouTube

Dunia YouTube saat ini juga banyak digemari anak muda karena dapat menghasilkan uang hanya dari mengunggah sebuah video. Pemasaran produk tentu sangat bisa Anda lakukan di akun YouTube. 

Selain memasarkan produk, jika konten yang Anda buat menarik, ada kemungkinan penyedia sponsor tertarik dan menaruh iklannya. Dengan demikian, jualan Anda laris, pundi rupiah pun juga mengalir dari iklan YouTube. 

5. Pemasaran Produk melalui Blog 

Blog menjadi media yang tidak pudar sejak beberapa tahun silam. Meskipun tidak se-hype media sosial sekarang, media ini masih digunakan banyak orang di internet. Tentu saja, Anda bisa melakukan pemasaran produk melalui blog ini.

Jika menggunakan cara ini, pastikan untuk membuat isi blog tertarik, bahasa ringan dan tampilan yang mengesankan. Apakah Anda masih suka membaca blog di internet?

Membangun kerajaan bisnis tidak dapat dilakukan secara instan dan cepat. Anda perlu memahami hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, utamanya mengenai konsep pemasaran yang tepat. Kecanggihan teknologi yang ada bisa dimanfaatkan untuk menjadi kekuatan dalam pemasaran produk Anda.

Baca juga : Pengertian dan Konsep Pemasaran