Elemen atau Isi Job Description

Elemen-elemen Job Description Menurut (Desseler, 2010) dalam penyusunan Job Description ada beberapa elemen yang harus di jabar kan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi Pekerjaan
    Identifikasi pekerjaan memberikan posisi kryawan dalam bentuk struktur organisasi. Dimana meliputi beberapa informasi mengenai jabatan karyawan. Pemberian jabatan karyawan harus jelas dan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan organisasi. Pemberian jabatan juga akan mengenali pekerjaan untuk menyediakan informasi karyawan, menjelaskan hubungan antar pekerja yang satu dan pekerja lainnya, serta memberikan perbandingan pada posisi jabatan yang tertera di dalam organisasi. Selain itu juga ada beberapa hal yang harus dikenali yaitu pembagian upah, tanggal pembuatan Job Description, nama pembuat Job Description dan nama yang penyetujui pembuatan Job Description.
  2. Tujuan Pekerjaan
    Bagian ini menjelaskan mengenai tujuan utama dari pekerjaan atau yang dikenal dengan job objective yang harus menggambarkan dasar dan inti dari pekerjaan tersebut
  3. Tugas dan Tanggung Jawab
    Tugas dan tanggung jawab menjelaskan mengenai daftar tugas utama dan tanggung jawab seseorang ketika sudah diberikan jabatan tetap. Tugas dan tanggung jawab merupakan inti dari rancangan job description yang harus dijelaskan secara detail dan akurat terhadap apa yang akan karyawan lakukan selama bekerja. Untuk meningkat kinerja karyawan, tugas dan tanggung jawab menjadi bagian dari standar kinerja agar bisa menjalankan tujuan dan strategi yang sudah di buat oleh perusahaan.
  4. Hubungan
    Pada bagian ini menjelaskan mengenai hubungan posisi internal maupun external perusahaan yang akan berguna untuk mencapai standar performa yang sudah di bentuk, agar karyawan merasakan kepuasan atas apa yang sudah dikerjakan. Pengetahuan Bagian ini berkaitan dengan keterampilan seseorang, wawasan, pengalaman yang di dapat, kemampuan dalam bekerja dan kapabilitas formal yang dibutuhkan seseorang agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.
  5. Pemecahan Masalah
    Pemecahan masalah merupakan bagian yang berkaitan dengan identifikasi pemikiran ketika pengambilan keputusan. Seperti setiap pekerjaan akan selalu membutuhkan penyelesaian masalah akan tetapi apakah yang di gunakan pemecahan masalah yang simple atau pemberian solusi yang bervariasi.
  6. Akuntabilitas
    Akuntabilitas menjelakan mengenai keuangan dari pekerja dengan melihat nilai dari asset, peningkatan penjualan dan lebihnya diberikan kepada pekerja yang tanggung jawab atas pekerjaan yang sudah diberikan.
  7. Kewenangan
    Kewenangan bisa disebut dengan wewenang setiap karyawan yang berarti setiap karyawan memiliki hak dan wewenang dalam memberikan keputusan serta pendapat.
  8. Standar Kinerja
    Standar kerja biasanya diberlakukan dengan adanya syarat-syarat guna untuk meningkatkan performa kerja serta mengevaluasi hasil kinerja karyawan.
  9. Lisensi
    Lisensi merupakan dokumen yang legal yang dipakai sebagai kelengkapan surat izin dalam pekerjaan yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi.