Arti Kata Njelehi - Bahasa Jawa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Apa arti kata Njelehi? Indonesia memiliki ragam suku dan budaya, termasuk dalam segi bahasa. Mungkin Anda memiliki teman yang berasal dari provinsi Yogyakarta ataupun Jawa Tengah sehingga Anda tahu kata Njelehi.

Kata Njelehi merupakan kata yang berbahasa Jawa dan umum dipakai oleh masyarakat Jawa dalam sehari-hari.

Arti Kata Njelehi

Njelehi adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya menjijikkan.

Arti kata njelehi adalah menjijikkan. Terkadang njelehi juga bisa diartikan untuk mengungkapkan kekesalan layaknya kata menjengkelkan.

Contoh:

  • Panganane bentuk e njelehi (makanannya bentuknya menjijikkan)
  • Kowe kok njelehi (kamu kok menjijikkan / menjengkelkan).

Kata Njelehi dapat Anda pakai dalam percakapan sehari-hari atau pada saat chat dengan teman yang berasal dari Jogja atau Jawa Tengah.

Yang perlu Anda ketahui termasuk kata Njelehi. Dalam bahasa Jawa dikenal beberapa tingkatan. Tingkatan ini dipakai tergantung konteks dan lawan bicaranya.

Tingkatan dari terendah sampai tertinggi antara lain ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu (madya) dan krama inggil. Semakin tinggi tingkatannya maka itu dipakai untuk lawan bicara yang sangat dihormati, atau dipakai dalam acara-acara tertentu.

Untuk ngoko lugu, bisa Anda pakai dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berkomunikasi dengan teman dekat. Terus, menurut Anda kata Njelehi termasuk dalam tingkatan mana?

Hayo silahkan tebak!!

Tips Belajar Bahasa Jawa

 

1. Berteman dengan Masyarakat Jogja & Jawa Tengah
Cara yang pertama adalah mencari teman yang berasal dari Jogja atau Jawa Tengah, kamu akan diajari berbagai kosakata baru dalam bahasa Jawa, termasuk kata Njelehi.

2. Hafalkan kosa kata, termasuk kata Njelehi
Selanjutnya adalah hafalkan kosa kata bahasa Jawa secara perlahan-lahan. Terutama kosa kata sehari-hari yang paling banyak dipakai. Hafalkan juga kata Njelehi yang kita bahas kali ini ya.

3. Praktikan Pengucapan Kata Njelehi
Tips ke-3 adalah praktikkan pengucapan kata-kata dalam Bahasa Jawa, termasuk kata Njelehi. Kamu bisa bertanya ketemanmu atau pakai Google Translate juga bisa.