Categories
Lifestyle

3 Tipe Orang Yang Harus Kalian Dekati dan Hindari

Tipe Orang Yang Harus Dihindari dan Didekati – Setiap orang bebas bergaul dan berteman dengan siapa saja, sah-sah saja dan tidak ada yang melarang. Namun, pastikan teman yang kita ajak bergaul mampu memberikan dampak positif kepada kita, minimal mampu mengajak kekebaikan dan memotivasi diri kita menjadi lebih baik lagi. 
Ada beberapa tipe orang nihh yang sebaiknya kalian hindari untuk diajak berteman, siapa sajakah itu?.
3 Tipe Orang Yang Harus Kalian Dekati dan Hindari
3 Tipe Orang Yang Harus Kalian Dekati dan Hindari
 Sumber gambar : Pixabay.com
1. Orang yang penuh kebencian
Kebencian hanya akan menyiksa diri, teman yang penuh kebencian hanya akan menghasutmu untuk ikut benci terhadap sesuatu. Mungkin saja, jika suatu saat ada masalah denganmu ia akan benci mati-matian. Sebaliknya, pilihlah teman yang pemaaf.
 
2. Orang yang hanya memanfaatkanmu
Siapa sih yang ingin punya teman namun tidak tulus pertemanannya, ingin jadi teman karena sesuatu. Teman yang selalu pamrih dan hanya memanfaatkanmu sebaiknya kamu hindari deh, lebih baik cari teman yang tulus.
 
3. Orang yang pesimis dan hanya membual
Orang pesimis dan banyak membual tidak akan membuat dirimu maju, bahkan bisa-bisa ikut terpengaruh menjadi pribadi yang mudah menyerah dan tak punya semangat.
Itu adalah 3 orang yang sebaiknya kita hindari, lalu siapa sajakah orang yang harus kamu dekati? 
1. Orang yang penuh dengan ambisi
Dengan mendekati orang yang penuh ambisi, semoga saja bisa menular semangatnya yaa..
2. Orang yang setia mendukungmu
Berteman tidak hanya sekadar berteman, namum mampu saling mendukung dan saling setia tanpa pengkhianatan.
3. Orang yang selalu optimis
Orang yang optimis biasanya memiliki pikiran positif, orangnya kerja keras dan tidak mudah pantang menyerah.
Okee itu adalah 3 orang yang harus kalian dekati dan hindari. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.
Categories
Inspirasi Pernikahan Tips n Trik

7 Kado Pernikahan Yang Tidak Hanya Unik Tapi Juga Berguna

7 Kado Pernikahan Yang Tidak Hanya Unik Tapi Juga Berguna – Bulan syawal adalah musim-musimnya pasangan sejoli menikah, selain bulan yang mulia menikah di bulan syawal juga mengikuti sunnah Rasul yang juga menikahi ‘Aisyah di bulan syawal. Nahh.. Jika kalian sampai di artikel ini, berarti kalian sudah menikah atau masih jomblo. Karena yang membuat kado pernikahan pasti jomblo, eehhh maksudnya tamu yang di undang.
Untuk mencari kado pernikahan kadang memang membingungkan, apalagi jika kita tidak mengetahui kesukaan kedua mempelai atau spek dari keduanya. Mau beli sepatu, kira-kira ukurannya berapa yaa? Mau dikado kutang, kira-kira ukurannya berapa yaa? 
Daridapa kelamaan mikir dan ngga ketemu-ketemu kado pernikahan yang pas. Lebih baik di kasih dengan salah satu dari 7 kado pernikahan yang tidak hanya unik tapi juga berguna berikut ini :
7 Kado Pernikahan Yang Tidak Hanya Unik Tapi Juga Berguna
7 Kado Pernikahan Yang Tidak Hanya Unik Tapi Juga Berguna
1. Voucher Belanja
Pengantin baru biasanya kebutuhannya meningkat berkali-kali lipat, buat beli inilah, itulah banyak deh pokoknya. Selain kalian memberi uang dalam amplop, bisa juga lho kasih voucher belanja. Bisa beli voucher belanja di indomaret, carefour atau matahari.

2. Tiket Liburan (Pesawat/Hotel)
Bagi sahabat sejati yang pengen sahabanya bahagia dengan bulan madu, bisa dengan memberi tiket liburan. Bisa tiket pesawat saja atau biar lengkap dengan tiket hotel. Dijamin deh, pasti akan kegirangan mereka berdua dapat liburan berbulan madu berkat hadiah darimu.
 
3. Piyama
Piyama atau baju tidur akan sangat berguna bagi pengantin baru, selain lebih longgar juga lebih mudah untuk dilepas, hi hi. Tapi sebelum membelikan piyama pastikan ukurannya pas yaa, jangan sampai kekecilan ataupun kebesaran.
 
4. Permainan Unik
Pengantin baru juga butuh hiburan, salah satunya dengan permainan unik yang bisa dimainkan berdua. Walaupun seperti anak kecil, tapi permainan seperti ini cukup membahagiakan loo buat orang dewasa.
 
5. Buku
Memang jarang sekali memberi kado pernikahan dengan buku, justru itulah keunikannya. Buku menjadi salah satu kado pernikahan yang tidak hanya unik tapi juga berguna. Kalian bisa memberinya buku-buku tentang rumah tangga, novel, romantis atau buku-buku panduan. Panduan apa yaa??
 
6. Kond*m
Yuhuuu.. walaupun agak tabu. Tapi barang yang satu ini sangat berguna bagi pengantin baru, pasti mereka akan beli deh barang yang satu ini. Untuk membantu mereka agar tidak repot-repot membelinya, maka belikan saja satu box. Unik kan.?
7. Lampu Tidur
Siapa yang suka gelap-gelapan? Yaa pengantin baru.. Lighting akan mempengaruhi mood pasangan, lighting yang remang-remang dapat menambah suasana romantis dan syahdu. Jika kalian belikan lampu tidur yang unik, maka itu cukup berguna buat mereka berdua.
Itu adalah 7 kado pernikahan yang tidak hanya unik tapi juga berguna. Ayooo yang belum menikah segera menikah, doakan juga biar admin riskinya lancar dan segera menikah yaa.. Aamiin.
Categories
Inspirasi Lifestyle

Jika Temanmu Pedagang, Jangan Lakukan Ini Yaa.. !!

Jika Temanmu Pedagang !! – Jika kita punya teman yang sedang menawarkan dagangannya, apa yang akan kalian lakukan??
“Bro.. kurangi dikit lagi lah.. Harga temen..”
“Gratis yaa gan..”
“Diskon yaa..”
“Jangan mahal-mahal lah.. kan temen”
“Harga setengahnya yaa..”
“Utang dulu yaa..”
Pernahkah kalian meminta keringanan atau diskon kepada teman kalian sendiri?? Jikaa iya, coba deh pikir-pikir lagi. Jika kita kepada pedagang yang bukan teman saja tidak minta diskon, masak yang kepada teman kita sendiri malah minta diskon. Bukankah mereka berdagang untuk mencari nafkah?
Jika Temanmu Pedagang, Jangan Lakukan Ini Yaa.. !!
Jika Temanmu Pedagang, Jangan Lakukan Ini Yaa.. !!
Maka jika temanmu pedagang, ingatlah 3 hal ini :
– Cukup ketahui bahwa dengan keuntungan yang dia peroleh, itulah sumber penghasilannya. Jika kamu minta diskon??
– Jangan karena mengaku teman, engkau meminta diskonan, utang atau kreditan. Kecuali dia sendiri yang dengan senang hati memberimu keringanan.
– Bukankah teman sejati itu saling membantu dan memberi dukungan? So.. bantu dia dengan melarisi dagangannya tanpa meminta diskon.
Categories
Daftar Lomba Foto

Info Lomba Foto dan Vlog Juni-Juli 2019 Terbaru dan Terlengkap

Info Lomba Foto dan Vlog Juni 2019 Terbaru dan Terlengkap – Mengikuti sebuah kompetisi memberikan pengalaman tersendiri, selain untuk mengasah kemampuan juga dapat memberikan tambahan finansial melalui hadiah yang didapat jika beruntung menjadi salah satu pemenangnya. 
Tak jarang ajang perlombaan ini menjadi salah satu sumber pendapatan tersendiri bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang menggelutinya dan suka dengan tantangan. Salah satu jenis perlombaan adalah lomba foto atau vlog.
Umumnya lomba foto paling banyak peminatnya, selain tidak terlalu ribet dalam proses pembuatannya. Lomba foto juga lebih irit dalam hal proses produksinya. Berbeda dengan pembuata video yang biasanya harus dengan konsep yang matang, dan perlu beberapa kali tak video. 
Pada kesempatan kali ini melalui blog ahmaddaki.id akan memberikan info lomba foto dan vlog selama bulan Juni sampai Juli 2019. Lomba foto dan vlog ini diselenggarakan oleh berbagai instansi pemerintahan hingga perusahaan. Hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan dengan nominal mencapai jutaan rupiah.
Ayooo.. Saatnya asah kemampuan dan tunjukan kehebatanmu melalui lomba foto dan vlog ini. Jangan menyerah sebelum mencobanya. Berikut adalah daftar lomba foto dan vlog bulan Juni – Juli 2019.

Info Lomba Foto dan Vlog Juni-Juli 2019 Terbaru dan Terlengkap

Info Lomba Foto dan Vlog
Info Lomba Foto dan Vlog


1. Lomba Foto dan Vlog TNI-Polri
Tema : Kedekatan TNI-Polri dengan Masyarakat
Periode Kompetisi : 15 Juni – 26 Juni
Total Hadiah :
Kategori umum = Rp 60.000.000

Info lebih lengkap : @divisihumaspolri

2. Lomba Blog, Lomba Foto dan Lomba Vlog Kementrian Lingkungan HidupDalam rangka Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Dunia dan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2019
Tema : Keanekaragaman Hayati : Sumber Pangan dan Kesehatan Kita.
Periode kompetisi : 18 Juni – 18 Juli
Pengumuman pemenang : 7 Agustus 2019
Hadiah untuk masing-masing kategori.
3 juara utama : Paket wisata ke Taman Nasional di Sumatra, Kalimantan atau Sulawasi

Info lebih lanjut : @indonesianwildlife

3. Lomba Foto dan Vlog Harganas NTB Gemilang 2019
Tema : Abadikan Momen Bahagia Bersama Keluarga
Deadline : 22 Juni 2019
Total Hadiah : 20 uta Rupiah
Diambil 3 pemenang foto terbaik, dan 3 vlog terbaik.

Info lebih lanjut : https://www.instagram.com/diskominfotikntb/

Info Daftar Lomba Vlog Juni 2019 Terlengkap
 
1. Kompetisi Video Pendek #Mudik Pancasila
Tema : Mudik dan Nilai-Nilai Pancasila
Penyelenggara : Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan Good News From Indonesia
Total Hadiah : Rp 35 Juta

Info lebih lengkap : goodnews.id/mudikpancasila

2. Lomba Vlog BPJS Kesehatan
Tema : Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Jaman Now
Deadline : 30 Juni 2019
Hadiah :
Juara 1 : Rp 15 jt
Juara 2 : Rp 10 jt
Juara 3 : Rp 5 jt

3. Loma Vlog Pancasila Gue Banget Bersama PKBMemperingati Hari Lahir Pancasila dan Kesaktian Pancasila
Total hadiah : Rp 50 Juta
Juara 1 : Rp 10 jt
Juara 2 : Rp 7.5 jt
Juara 3 : Rp 5 jt

Info : Instagram : @fraksipkb

4. Content Creator Competition Anti Narkoba – Lomba Foto dan VlogDalam rangka Memperingati HANI “Hari Anti Narkotika Internasional 2019”.

Tema : Anti Narkoba
Deadline : 29 Juni 2019
Di upload di Instagram. Masing-masing kategori akan diambil 3 pemenang.

Info lebih lengkap : https://www.instagram.com/tulungagung.save

Demikian guys informasi tentang info lomba foto dan vlog,  jangan sampai ketinggalan deadlinenya yaa. Okee untuk informasi lebih lanjut dapat melihat di instagram saya di : @ahmaddaki.id

Categories
Berita Inspirasi

Manfaat Menjadi Seorang Pendekar Anak

Manfaat Menjadi Seorang Pendekar Anak – Sosok pendekar anak merupakan sosok yang sangat penting untuk anak-anak. Karena, melalui donasi yang diberikannya, pendekar anak punya peran besar bagi kehidupan anak-anak di Indonesia. Selain itu, menjadi seorang pendekar anak juga bisa memberikan beragam manfaat baik di sisi anak-anak maupun di sisi seorang pendekar anak. Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan? Inilah beberapa diantaranya.
Manfaat Menjadi Seorang Pendekar Anak
Manfaat Menjadi Seorang Pendekar Anak
Membantu kesejahteraan anak Indonesia
Hingga saat ini, masih banyak anak-anak Indonesia yang hidup jauh dari kata sejahtera. Mereka masih kesulitan untuk mendapatkan gizi yang lengkap, fasilitas kesehatan yang memadai hingga pendidikan yang layak. Inilah yang membuat pendekar anak dinilai sangat bermanfaat untuk membantu kesejahteraan anak-anak di Indonesia.
Dengan menjadi seorang pendekar anak, Anda bisa berperan besar dalam menyejahterakan anak-anak Indonesia. Lewat donasi yang Anda salurkan, anak-anak Indonesia akan memiliki kehidupan yang lebih sejahtera. Oleh karena itu, lakukan donasi dengan menyisihkan sebagian pendapatan Anda setiap bulannya.

Memberikan harapan cerah untuk masa depan bangsa
Menjadi pendekar anak tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak yang mendapatkan donasi saja. Lebih dari itu, menjadi pendekar anak juga bisa membawa manfaat untuk bangsa Indonesia secara keseluruhan. Sebab, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa dan melalui donasi yang dilakukan pendekar anak mereka bisa hidup lebih sejahtera dan berjuang meraih cita-citanya. Ketika cita-cita tersebut telah terwujud, anak-anak akan menjadi agen perubahan yang membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Sehingga, melalui donasi yang disalurkan pendekar anak, masa depan bangsa Indonesia akan memiliki harapan cerah dikemudian hari.

Proses donasi yang mudah 

Lewat internet, melakukan donasi dan menjadi seorang pendekar anak terasa semakin mudah. Anda bisa menjadi pendekar anak UNICEF dan membantu anak-anak Indonesia untuk memiliki kehidupan yang lebih sejahtera lagi.

Sebagai pendekar anak, Anda bisa melakukan donasi kapanpun dan dimanapun Anda berada. Dengan memanfaatkan gadget yang Anda miliki, Anda bisa mengunjungi website resmi donasi UNICEF Indonesia di laman https://supportunicefindonesia.org dan melakukan donasi setiap bulannya. Selain itu, melakukan donasi setiap bulannya juga bisa dilakukan secara otomatis melalui fitur autodebet yang disediakan. Pendekar anak juga dimudahkan oleh proses pembayaran donasi yang fleksibel serta mendapatkan laporan perkembangan donasi di tiap bulannya. Bersama UNICEF Indonesia, menjadi pendekar anak terasa semakin mudah dan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi anak Indonesia.

Categories
Blog Competition Daftar Lomba Blog

Daftar Lomba Blog Juni – Juli 2019 Terbaru – Menang di Hari Kemenangan

Daftar Lomba Blog Juni – Juli 2019 Terbaru – Menang di Hari Kemenangan – Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke-6 setelah lebaran. Setelah 30 hari kita berpuasa, maka saatnya kita merayakan kemenangan di hari yang Fitri. Di hari raya Idul Fitri 1440 ini, admin dari ahmaddzaki.id dengan segala kesalahan yang ada ingin mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Minal Aidzin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Masih dalam suasana lebaran, bukankah hari ini kalian sudah masuk kerja yaa? Bagi yang bekerja sih. Terhitung mulai Senin, 10 Juni 2019 pekerja kantoran dan ASN sudah pada masuk kerja. Tapi untuk para siswa dari SD sampai SMA kayaknya masih libur panjang sampai bulan Juli 2019 nanti. Betul kan?

Nah, maka dari itulah saya akan bagi informasi sedikit buat para blogger semua agar mulai hari ini juga jangan sante-sante. Jangan mager karena terbawa arus libu lebaran. Saatnya bangkit dan semangat untuk menulis lagi.

Agar lebih semangat lagi, yuk mari ikut salah satu atau semua dari lomba blog berikut ini. Semoga aja lhoo bisa menang di hari kemenangan ini.

Daftar Lomba Blog Juni – Juli 2019 Terbaru – Menang di Hari Kemenangan

Daftar Lomba Blog Juni - Juli 2019 Terbaru
Sumber : kompasiana.com

1. Bank Indonesia bersama Kompasiana.com 
Periode : 20 Mei – 25 Juni 2019
Tema : Mengenal Stabilitas Sistem Keuangan
Hadiah : Logam Mulia total 45 gram
Juara 1: Emas logam mulia 25 gram
Juara 2: Emas logam mulia 10 gram
Juara 3: Emas logam mulia 5 gram
5 Juara Favorit @ Emas logam mulia 1 gram
Deadline : 25 Juni 2019

Link : Event Kompasiana – Mengenal Stabilitas Sistem Keuangan

2. Kontes Vlog & Blog Cheria Holiday 
Tema : I Love Halal Travel
Periode kontes : 20 Mei 2019 – 20 Juli 2019
Total Hadiah : Rp 80 Juta Hadiah utama :
3 Paket Tour Jeju Island Korea
Hadiah hiburan : 100 T-Shirt Keren
Deadline : 20 Juli 2019.
Link : https://www.cheria-travel.com/2019/04/ikuti-lomba-blog-vlog-kreatif-1-cheria.html

 3. Indonesian Muslim Society in America (IMSA) 
Tema : Menyemarakan Ramadhan 1440
Hadiah:
Juara 1 – 100$
Juara 2 – 75$
Juara 3 – 50$
Info lebih lanjut : Instagram @imsa_us

4. Insto Dry Eyes Blog Competition 
Ceritakan pengalaman mata sepet pegel perih yang pernah kalian lalui serta solusi dalam menanganinya di blog.
Total hadiah : 25 Juta rupiah.
Periode lomba : 1 Juni – 31 Juli 2019
Info lebih lengkap : Instagram @bloggerperempuan

5. IDN Times Blogg Competition with Veet 
Tema : Review Veet Hair Removal Cream di Blog Pribadimu
Hadiah :
2 Laptop Asus A407MA
5 HP Samsung Galaxy M10
20 MAP Voucher @250.000
Periode kompetisi: 9 Mei – 21 Juni 2019⁣
Info lebih lengkap : https://www.instagram.com/veetindonesia/

Sementara baru ada 5 lomba blog nih selama bulan Juni 2019 – Juli 2019. Jika ada info terbaru akan saya update disini. Silahkan like fanspage kami, dan follow instagram kami di @ahmaddzaki.id.

Categories
Kesehatan Lifestyle Tips n Trik

7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam

7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam – Layaknya hewan nokturnal yang aktif di malam hari, manusia juga ada yang kerjanya bukan siang melainkan malam hari. Beberapa contoh mereka yang bekerja di shift malam antara lain para karyawan pabrik, karyawan media, karyawan hotel, karyawan bandara, karyawan stasiun, satpam, polisi sampai karyawan hotel.
Mereka adalah para pejuang malam yang rela mengganti jam tidurnya dengan bekerja, walaupun sebagai gantinya mereka gunakan waktu siang untuk molor.
Tapi secara kesehatan tentu berbeda pandangan, karena udara malam berbeda dengan udara di siang hari. Malam oleh Allah dijadikan sebagai selimut atau waktu kita untuk beristirahat. Dan siang dijadikan sebagai waktu untuk kita bekerja.
Tapi apa daya, tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka bekerja di saat orang-orang terlelap tidur. Orang yang bekerja di shift malam lebih rentan terkena paru-paru basah, karena udara malam relatif lembab dan mengandung lebih banyak air. Begitu juga akan berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti ginjal dan jantung.
Maka dari itu para pejuang shift malam membutuhkan resep khusus untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan kesehatan mereka. Berikut ahmaddzaki.id telah merangkumnya :

7 Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pejuang Shift Malam

Pekerja Shift Malam
Pekerja Shift Malam
1. Makan makanan bergizi
Bekerja di waktu malam membutuhkan energi yang lebih, selain itu tubuh juga butuh benteng pertahanan yang lebih kokoh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itulah bagi para pejuang shift malam diperlukan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
 
2. Banyak minum
Di malam hari mungkin tidak sepanas seperti di siang hari, sehingga minum mungkin saja lebih sedikit. Nhaa, mau ngga mau kalian harus lebih banyak minum seperti biasanya. Disarankan minimal 8 gelas setiap harinya.
 
3. Jangan lupa olahraga
Ketika kerja malam, olahraga biasanya tidak sempat dilakukan. Karena paginya pasti capek dan ngantuk, sementara sore hari siap-siap untuk bekerja. Tapi olahraga ini penting lhoo buat kesehatan, jika tidak ada waktu maka bisa ambil hari di weekend untuk berolahraga.
4. Batasi asupan kafein
Kafein seperti kopi sepertinya sangat nyaman jadi teman kerja, selain dapat menghilangkan rasa kantuk juga dapat meningkatkan stamina dan kemampuan otak dalam berfikir. Tapi, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang tak wajar akan membahayakan lambung kita, terutama jika kita perna menderita magh.
5. Siapkan makanan/snack di meja
Snakc atau makanan akan membantu menambah asupan nutrisi untuk tubuh, snack ini juga dapat mengganjal perut ketika kita lapar. Sehingga tidak sampai kelaparan dan kelelahan.
 
6. Tidur dikala siang
Malam bekerja, maka siang adalah waktunya tidur. Waktu tidur ini bisa dimulai pagi hari sampai jam 12 an, kemudian sholat dan lanjut tidur lagi. Di sore hari maka waktunya kumpul sama keluarga dan siap-siap untuk berangkat kerja.
7. Kendalikan stress
Stress biasanya menjadi penghambat ketika bekerja, ketika shift malam ketambahan stress biasanya konsentrasi menjadi berkurang. Maka, kendalikan stress dengan kembalikan mood. Misal dengan bercanda, nonton lawakan atau makan makanan kesukaan.
Nah itu adalah beberapa cara menjaga kesehatan untuk para pejuang shift malam. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.
Categories
Hobi Lifestyle

Yang Didapat Dari Mendaki Gunung ! Bukan Sekadar Foto

Yang Didapat Dari Mendaki Gunung ! Bukan Sekadar Foto – Salah satu hobi yang dulu pernah aku jalani adalah mendaki gunung, entah mengapa dulu sempat menyukai hobi yang cukup melelahkan ini. Yang pasti ada banyak hal yang aku dapat dari mendaki gunung, eits tidak hanya foto yang indah-indah saja. Tapi juga pengalaman dan esensi perjuangan yang gigih dan penuh tantangan.
Awal mula mendaki di ajak oleh teman bernama “Agus”, teman SMP yang pandai dengan multimedia. Gunung pertama yang aku daki adalah Merbabu, gunung dengan tinggi 3.145 MDPL yang terletak di Jawa Tengah.
Sempat terkendala ijin dari orang tua, karena memang baru aku dari 5 bersaudara yang berniat mendaki gunung. Mungkin was-was terjadi apa-apa seperti yang diberitakan oleh media-media. Awalnya sih aku juga mengira mendaki gunung itu mengerikan, masuk ke hutan ketemu macan dan setan.
Mendaki Gunung
Mendaki Gunung
Tapi ternyata berbeda jauh dengan apa yang aku pikirkan, mendaki gunung itu menyenangkan dan tidak menyeramkan. Jalan-jalan sudah terbuka lebar, kanan kiri pohon-pohon besar yang justru membuat semakin nyaman karena kesejukannya.
Tidak perlu takut karena setiap jalur pendakian pasti ada barengan, bahkan sering berpapasan dengan pendaki lain yang sudah turun dari puncak.
Yang Didapat Dari Mendaki Gunung ! Bukan Sekadar Foto
Yang Didapat Dari Mendaki Gunung ! Bukan Sekadar Foto
Mendaki selain mendapatkan foto sunrice yang indah, atau berada di atas awan juga mendapat pengalaman berharga. Apa saja itu?
1. Kebersamaan
Kebersamaan saat mendaki gunung akan tercipta secara alami, hal ini dikarenakan mendaki gunung butuh kerjasama dan akan sangat berbahaya jika dilakukan seorang diri. Ketika naik batu yang agak tinggi, kalian akan bergantian dan saling membantu. Begitu juga ketika berada di atas seperti mendirikan tenda, tidur, memasak. Semua dilakukan secara bersama-sama.
2. Makna Perjuangan
Mendaki gunung cukup melelahkan guys, berjalan menanjak selama 8 jam lebih. Rasa dingin, lelah dan kaki keram itu hal biasa yang didapat dari mendaki. Belum lagi punggung pegal-pegal karena beratnya tas carrier di pikulnya. 
Tapi, disitulah perjuangan seorang pendaki. Untuk mendapatkan keindahan dari ciptaan Tuhan yang luar biasa diperlukan perjuangan. Sama seperti ketika akan mendapatkan wanita idaman, maka kita juga perlu berjuang untuk mendapatkannya.
3. Pengalaman
Guru terbaik adalah pengalaman. Itulah yang kalian dapat dari mendaki, kalian dapat tahu bagaimana rasanya tidur di atas ketinggian, kedinginan, terpeleset, makan seadanya dan tentunya senang bareng bersama kawan-kawan.
4. Belajar Menghargai
Jika kalian kurang bisa menghargai pertemanan, mungkin mendaki gunung adalah hal yang tepat. Karena sedikit jasa teman kalian akan sangat berharga, bahkan seteguk air itupun akan sangat berharga.
Kalian juga akan belajar bagaimana menghargai makanan dan minuman, mendapatkan air di atas gunung tidak semudah mendapatkan air di kota-kota. Untuk itu seorang pendaki harus benar-benar menghormati air dengan menghematnya, dalam membuat mie instan misalnya. Jika membuat mie goreng maka airnya tidak dibuang begitu saja, melainkan di pakai. Maka dari itu, ketika mendaki sebaiknya membawa mie instan kuah bukan mie goreng.
5. Mencintai Lingkungan
Mendaki gunung tidak hanya berfoto-foto saja, tetapi juga mengajarkan kita bahwa harus mencintai alam dan lingkungan. Manusia diciptakan untuk menjaga alam, bukan merusaknya. Ketika mendaki, jangan sampai kita meninggalkan jejak buruk seperti sampah, merusak ekosistem, mencoret-coret batu atau memetik bunga edelweis.
Jadilah pendaki yang mendaki bukan untuk dirinya sendiri, tapi mendaki untuk membuat alam Indonesia semakin indah dan terjaga
Categories
Lifestyle

Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan

Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan – Setiap manusia membutuhkan makan guna memenuhi kebutuhan asupan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seringkali kesibukan akan kerja, sekolah, kuliah, main game membuat kita lupa diri. Seperti lupa mandi, lupa makan, lupa sama anak, lupa istri bahkan sampai lupa Tuhan dengan tidak beribadah.
Pokoknya jangan sampai lah kegiatan dunia membuat kita lupa diri, terutama lupa sama Tuhan. Selain itu jangan sampai kita lupa terhadap kondisi tubuh kita. Perut yang kosong membutuhkan asupan makanan, agar perut juga bekerja menggiling makanan.
Mengisi perut bukan berarti mengisinya sampai penuh alias kekenyangan, Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dengan kata lain, makan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh saja.

Lapar itu Bagus
Di lain sisi, lapar itu bagus. Maksudnya adalah puasa, lapar karena puasa adalah bagus. Puasa bertujuan untuk memuasakan diri dan memuasakan hawa nafsu yang diciptakan oleh Allah sangat ambisius. 
Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan
Sibuk Boleh, Lapar Bagus, Kelaparan Jangan
Secuil kisah bagaimana Allah menciptakan makhluk bernama nafsu ini, ketika nafsu diciptakan. Allah yang Maha Tahu bertanya kepada nafsu “Siapa Aku dan siapa engkau”. Kemudian nafsu menjawab “Engkau ya Engkau, aku ya aku.
Kemudian Allah suruh malaikat untuk membawa nafsu tersebut kedalam neraka, dan dimasukkan ked dalamnya selama 1000 tahun.
Hingga Allah bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama “Siapa Aku dan siapa engkau?”. Nafsu dengan segala sifatnya yang membangkang menjawab “Engkau ya Engkau, aku ya aku”. Nafsu tidak mau mengakui Tuhannya. 
Kemudian Allah menyuruh malaikan agar membawa nafsu ke sebuah tempat yang sangat dingin. Dan memenjarakannya selama 1000 tahun.
Hingga Allah bertanya dengan pertanyaan yang sama, nafsu pun kembali menjawab dengan jawaban yang sama.
Lalu Allah suruh malaikan agar mempuasakan nafsu, tidak memberinya makan, tidak memberinya minum dan tidak menurutinya segala keiinginannya. Maka hanya dalam beberapa waktu, nafsu itu tunduk dan berkata “Engkau ya Tuhanku, dan kepadaMu aku menyembah”.
Nafsu akan tunduk dengan puasa, rasa lapar dan haus. Maka kesempatan di bulan Ramadhan ini sudah seharusnya kita gunakan untuk mempuasakan hawa nafsu kita. 

Tapi Jangan Kelaparan
Lapar karena puasa memang bagus, kelaparan yang tidak boleh. Apalagi kelaparan hanya gara-gara sibuk atau lupa makan. Justru malah membahayakan diri sendiri, kelaparan akan membuat tubuh kekurangan asupan energi dan nutrisi, jika dibiasakan bisa mendatangkan berbagai penyakit seperti magh, tipes dll.

Mari kita biasakan hidup yang sehat, makan-makanan yang sehat, makan secukupnya jangan berlebihan dan jangan sampai kelaparan.
Baca juga : Muntah Setelah Makan Makanan Pedas, Apa Sebabnya?